U-ON

7 Tempat Wisata Gua Menarik di Tanah Jawa

 on Tuesday, July 28, 2015  

Liburan memang telah usai, namun siap tahu di musim liburan mendatang kalian ingin melihat wisata goa-goa menarik yang ada di tanah Jawa.

Panoramanya sungguh mengagumkan sekali.

7 Tempat Wisata Gua Menarik di Tanah Jawa

1. Gua Lowo, Trenggalek.

Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai, Trenggalek juga menyimpan misteri sepanjang 2 kilometer di perut bumi. Gua Lowo di desa Watuagung, Kecamatan Watulimo ini memiliki jarak tempuh 30 kilometer dari Kota Trenggalek.

2. Gua Tetes, Lumajang

Gua ini menawarkan keindahan ragam gradasi warna stalagtit dan stalagmit. Gua Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Jarak tempuhnya sekitar 55 kilometer ke arah selatan dari kota Lumajang.

3. Gua Gong, Pacitan

Keunikan Gua Gong dapat Anda nikmati dengan berkendara 30 kilometer sebelah barat Pacitan menuju Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Bomo, Kecamatan Punung.

4. Gua Pindul, Yogyakarta

Gua ini masih terbilang baru diresmikan sebagai objek wisata pada 2010. Terletak di Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dulunya, Gua Pindul dijadikan tempat sampah oleh warga. Padahal, sungai bawah tanahnya sangat menarik untuk ditelusuri. Di sini Anda dapat menikmati wisata cave tubing, menjelajahi perut gua menggunakan perahu karet.

5. Gua Jatijajar, Kebumen

Semakin mendekati wilayah Jawa Barat, Anda akan melewati wisata Gua Jatijajar. Lokasinya tersembunyi 42 kilometer ke arah barat daya Kota Kebumen atau 21 kilometer barat daya Kecamatan Gombong.

Gua sepanjang 250 meter tersebut menyimpan legenda Raden Kamandaka atau dikenal sebagai Lutung Kasarung. Konon, di Gua Jatijajar itulah sang putra mahkota bersembunyi dari kejaran prajurit Kadipaten Pasir Luhur.

6. Gua Petruk, Kebumen

Masih di Kebumen, sekitar 4,5 kilometer dari Gua Jatijajar nanti Anda akan menemukan tantangan lain, yaitu Gua Petruk. Hanya mengintip sedikit dari mulut gua itu, yang akan Anda temukan adalah kegelapan tiada akhir. Tak ada penerangan dalam gua, tak seperti dalam Gua Jatijajar. Benar-benar gelap total!

7. Gua Lawa, Purbalingga

Gua ini menyempil di bawah lereng Gunung Slamet. Terbentuk dari endapan batu gamping dan aliran lava volkanik yang membeku lalu mengeras. Tempatnya berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, utara kota Purbalingga.

sumber kompas.com
7 Tempat Wisata Gua Menarik di Tanah Jawa 4.5 5 Unknown Tuesday, July 28, 2015 7 Tempat Wisata Gua Menarik di Tanah Jawa Liburan memang telah usai, namun siap tahu di musim liburan mendatang kalian ingin melihat wisata goa-goa menarik yang ada di tanah Jawa. ...


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.